Kamis, 29 Desember 2011

BAGAIMANA MEMBANGUN RUMAH TANGGA YANG SAMARA……?????


 
Nama : Dhestyana Dewi D         
Nim    : 12110551
Kelas  : 12 2B 24


 Apabila setip pasangan menginginkan terbentuknya rumah tangga yang penuh dengan nuansa sakinah,mawadah, dan warahmah, maka ia perlu mengikuti resep yang diberikan Allah swt dalam untaian ayatnya berikut ini :
“Diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah dia menciptakan untukmu pasangan dari jenismu sendiri, sehingga kamu merasa tentram ( sakinah ) dengannya, dan dijadikan-Nya diantara kalian rasa cinta dan kasih saying ( mawaddah wa rahmah ). Dan didalam itu semua terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (QS.Ar-Ruum:21)
Ayat Ini menarik, sebab bukan saja mengandung tuntunan normatif, tapi juga sekaligus merupakan tuntunan metodologis dalam mewujudkan rumah tangga yang SAMARA.
Ayat ini memberikan sebuah pelajaran, bahwa untuk mendapatkan SAMARA setiap muslim harus mengikuti rumusan Rabbaniyah,yaitu: zawaj à sakinah à mawaddah wa rohmah. Maksudnya, sakinah yang bersifat tabi’i itu hendaknya dicari didalam, atau setelah zawaj (pernikahan), bukannya diluar pernikahan. Karena itu islam tidak mengenal konsep pacaran atau perselingkuhan. Sehingga mahligai rumah tangga terjaga kebersihan dan kesuciannya.
Formulasi inilah yang disebut dengan resep taqwa, artinya rumah tangga samara hanya bisa terwujud apabila pelakunya tetap berada dalam bingkai taqwa, dan taqwa itu letaknya dihati, sebagaimana sabda rasul : “At-taqwa ha huna” (taqwa itu letaknya disini,sambil menunjuk dadanya) dan hati yang akan di anugerahi samara oleh allah, hanyalah hati yang telah ter-shibghah oleh nilai-nilai taqwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda posting komentar