Jumat, 30 Desember 2011

Islam dan Masalah Sosial Kemasyarakatan "Remaja dan Free Sex"


Bismillahirrahmanirrahim
Apa kabar sobat muslim? Alhamdulillah ya... saya bisa memuat artikel ini. Disini saya mencoba mengambil tema "Islam dan masalah sosial masyarakat" namun saya coba lebih mengkhususkan pada masalah remaja makanya saya ambil judul "Remaja dan Free Sex". Why?

Ya.... biar lebih fokus aja sih brothe n' siste kan masalah sosial itu luas banget ga cukup rasanya kalau hanya satu postingan aja hehe..... jadi ya saya fokusin aja di masa "remaja" berhubung saia juga masih masuk kategori remaja (^_^). Seperti yang brothe n' siste ketahui kenakalan remaja teh merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang semakin merebak pada zaman ini. Kenakalan remaja tidak hanya berbentuk bolos sekolah, mencuri kecil-kecilan, tidak patuh pada orang tua, tetapi mengarah pada tindakan kriminal, seperti perkelahian masal antar pelajar (tawuran) yang menyebabkan kematian, perkosaan, pembunuhan dan lain-lain.

Brothe n' siste sekalian kalau kita liat potret remaja zaman sekarang ini rasanya miris banget ya? Berbagai ragam krisis akhlak dan moral kini terus menular, merebak dan mewabah dalam lingkungan masayarakat. Free sex sendiri kayanya udah bukan hal yang biasa lagi. Ada beberapa remaja yang punya pendapat "virgin engga OK" Astagfirullah... itu mah artinya ngeledekin yang masih virgin atuh ya? Wajar aja sekarang ini angka aborsi meningkat karena pergaulan bebasnya aja udah marak banget, AIDS merajalela. Enggak heran kehamilan diluar nikah sering banget muncul di berita-berita karena remajanya gampang banget di ajak berzina. Jangan kaget kalo “keong racun’ berkeliaran karena “tokek racun”-nya juga gampang dicari. Hehehe.. sori bukannya latah ikutan trennya si Jojo ama Sinta, tapi nih fakta emang bikin miris, Bro en Sis. Ente semua pada paham deh kayaknya. 
Sobat muda muslim, mengapa banyak remaja yang tak lagi menghargai dan merasa harus peduli dengan kehormatannya?Hmm.. susah juga saya menjawabnya nih. Soalnya nih masalah ada pada banyak faktor penyebabnya sih ya, baik itu faktor internal anaknya itu sendiri, juga faktor eksternal dari keluarga, lingkungan dan pergaulannya secara umum. Problem besar dan berat, Bro. 

Coz we're a moslem

Insya Allah, Islam adalah solusi atas semua permasalahan yang ada. Termasuk masalah-masalah remaja. Jangan berpaling ke ideologi lain deh, dan jangan ikuti ajaran selain Islam, apalagi mencoba mencari solusi permasalahan kehidupan kepada selain agama Islam. Sebabnya apa?

Ya, sebabnya kita muslim. Artinya, kita udah punya pedoman hidup sendiri, punya aturan hidup sendiri, punya jalan hidup sendiri. Islamlah yang mengatur segala permasalahan kita. Islam mengatur kehidupan kita dari mulai bangun tidur sampe tidur lagi (ssstt.. bukan berarti pas bangun tidur langsung tidur lagi, itu sih di lagunya Mbah Surip atuh hehehe…). Maksudnya, dari mulai kita bangun tidur di pagi hari, masuk ke kamar mandi, nongkrong di WC, mandi, sarapan, berkomunikasi dengan ortu, berangkat sekolah, etika bergaul dengan teman, menghormati guru, taat aturan sekolah, disiplin di jalan raya (nggak ugal-ugalan dan bikin bahaya diri dan orang lain), belajar di sekolah, shalat, ibadah lainnya, membeli makanan di kantin, belanja di pasar or mal, naik kendaraan umum, pinjam meminjam barang teman dan tetangga, ikut kajian keislaman, aktif berdakwah, main facebookan, twiteran, ngeblog, dan lain sebagainya, hingga malam hari kita tidur lagi, pastikan bahwa aturan Islam menjadi landasan aktivitas kita. Keren kan? Itulah hebatnya Islam.



Penanggulangan Masalah Sex Bebas Pada Remaja


Bro En Sis, langkah apa aja yang harus dilakuin untuk menghindari sex bebas? Disini saya coba ulas beberapa langkah yang bisa dilakuin yang Insya Allah manfaat. 


1.    Perdalam keimananmu
Perdalam dong keeimananmu, yakini bahwa Allah akan selalu bersama kita. Selalu mendengar dan melihat, mengetahui apa yang tersembunyi dan yang tampak serta apa yang tersirat di dalam lubuk hati sobat muslim yang paling dalam. Allah SWT berfirman ” Tidakkah kamu perhatikan bahwa sesungguhnya Allah memngetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, tiada pembicaraan yang rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah yang keenamnya. Dan tiadalah (pula) pembicaraan antara (jumlah) yang kiurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka dimanapun mereka berada ….. ” (QS. Al-Mujaadilah (58): 7)
Dengan itikad dan perasaan ini, seseorang mukmin akan terlepas dari jeratan hawa nafsu dan dorongan nafsu yang buruk, bisikan syetan serta fitnah harta dan wanita.

2.    Isi waktu luangmu dengan hal yang bermanfaat
Rasulullah SAW bersabda ” Tekunilah yang bermanfaat untukmu dan mintalah pertolongan kepada Allah, jangan sampai kamu lemah” (HR. Muslim). Seorang pemuda bila ia sendirian diwaktu-waktu kosong, biasanya akan datang kepadanya angan-angan, bisikan-bisikan dan hawa nafsu yang membawa kepada dosa juga khayalan-khayalan seksual. Jadi sobat muslim harus tahu gimana caranya ngabisin dan ngisi waktu luang. Banyak banget hal-hal yang bisa bro n’ sis lakuin buat ngisi waktu luang, bisa dengan olahraga, rekreasi, baca buku yang berfaidah, bikin kerajinan tangan, hadirin pengajian, ikutin perlombaan dan aktifitas lain-lain yang bermanfaat.

3.    Berteman sama orang-orang yang shalih
Pengalaman udah ngebuktiin bro n’ siste sekalian bahwa ketika seorang remaja berteman dengan teman yang shaleh dan baik maka ia akan terpengaruh pada mereka untuk melakukan kebaikan, istiqomah dan keshalihan (Ini kenyataan lho sobat muslim).  Rasulullah SAW bersabda ” Jangan kamu berteman kecuali dengan orang mukmin dan jangan memakan makananmu kecuali orang yang takwa” (HR. At-Turmudzi). Sebaliknya jika seorang pemuda berteman dengan teman yang jahat dan selalu berbuat maksiat, maka ia akan terpengaruh untuk melakukan kejahatan, kemaksiatan dan kemerosotan moral juga. Inilah sebabnya Rasulullah SAW menasehati lewat sabdanya : ” seseorang itu menurut agama temannya, maka hendaklah dia memperhatikan siapa yang menjadi temannya”(HR. At-Turmudzi). Sabda Rasulullah yang tercinta “Permisalan teman duduk yang baik dan buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi, penjual minyak wangi tidak akan melukaimu, mungkin engkau membelinya atau engkau mendapatkan baunya. Sedangkan pandai besi akan membakar badanmu atau pakaianmu, atau engkau akan mendapatkan bau yang tidak sedap”. [Hadits riwayat Bukhari]

4.    Jauhi dan hindari tuh media massa yang buruk
Media massa itu salah satu faktor yang ”ikut” bertanggung jawab terhadap menjamurnya seks bebas betul tidak brothe n’ siste??? Banyak banget nih acara-acara ditelevisi dan pemberitaan di koran sama majalah yang ngumbar nafsu seks, gambar-gambar yang seronok, iklan-iklan yang berbau ”pornografi” yang turut memperburuk moral para remaja dan merangsang remaja untuk melakukan seks bebas. Untuk itu para remaja perlu memilah-milah berita yang akan dibaca dan acara televisi yang akan ditontonnya. Sekarang ini ada pepatah yang mengatakan ”tontonan telah menjadi tuntunan, sebaliknya banyak tuntunan hanya tinggal sebagai  tontonan saja”  Allah SWT berfirman: ”Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk” (QS Al-Israa’: 32)

5.    Berpuasalah
Seperti yang kita semua ketahui ye sobat muslim. Berpuasa sunnah itu dapat ngendaliin nafsu seksual, disamping itu juga dapat ngehindarin timbulnya pikiran-pikiran kotor, sehingga dapat melindungi seorang remaja dari tindakan seks bebas. Rasulullah SAW bersabda ” Wahai sekalian pemuda, siapa di antara kalian yang telah mempunyai kemampuan (untuk menikah) maka menikahlah. Sesungguhnya pernikahan itu lebih dapat menjaga pandangan mata dan mengekang hawa nafsu. Bagi siapa yang belum memiliki kemampuan, maka berpuasalah. Sesungguhnya puasa adalah penawar baginya” (HR Bukhari)

6.    Gunain cara-cara medis
Nabi Muhammad SAW bersabda ” Hikmah itu adalah barang yang tercecer milik orang yang beriman, dimana saja ia mendapatkannya … ia yang lebih berhak untuk itu” (HR. Turmudzi dan Al Askari). Caranya gimana? Ini beberapa contohnya neh brothe n’ siste:
·  Seringin deh mandi air dingin di musim panas
·  Perbanyak dong olahraga
·  Jauhi makanan yang mengandung merica dan rempah-rempah karena mempunyai sifat       merangsang
·  Tidak terlalu banyak mengkonsumsi minuman perangsang saraf seperti kopi
·  Tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan telur


Yuk Selamatkan Remaja Dengan Islam

Sobat muslim, seperti yang sudah saya bahas di atas sebenernya untuk menghindari seks bebas itu islam sudah ada solusinya seperti larangan mendekati zina dan berzina itu sendiri, larangan khalwat (beruda-duaan laki perempuan bukan mahram, seperti pacaran), larangan ikhtilat (campur baur laki perempuan), selalu menutup aurat, memalingkan pandangan dari aurat, larangan masuk rumah tanpa izin, larangan bercumbu di depan umum, dll. Sementara itu, kepada pelaku seks bebas, segera jatuhi hukuman setimpal agar jera dan tidak ditiru masyarakat umumnya. Misal pezina dirajam, pelaku aborsi dipenjara, dll.

Biar budaya mesum nggak makin banyak makan korban, kudu ada penanganan serius dari semua pihak. Karena budaya mesum nggak cuman bikin moral dan masa depan remaja hancur berantakan. Tapi juga turut menyeret remaja dalam perilaku aborsi, penularan penyakit menular seksual, hingga prostitusi. Dan keliatannya, Islam sebagai landasan hukum yang pasti dan terperinci kudu dipake masyarakat dan negara untuk menahan laju serangan budaya mesum.

Masyarakat juga mesti aktif mencegah penyemaian benih-benih budaya mesum. Kalo ada yang pacaran, terus mojok berdua di tempat sunyi, tegor aja. Jangan nunggu sampe bunting dulu. Kalo serius berhubungan, segera deh lanjut ke pelaminan. Kalo cuman maen-maen, mending nggak daripada manen dosa tiap hari. Bukannya kita mo ikut campur, cuman ngejaga lingkungan dari murka Allah swt. Rasul saw bersabda, “Jika zina dan riba telah merajalela pada suatu desa, maka Allah mengizinkan kehancurannya." (HR. Abu).

Pendidikan Islam yang menyeluruh dan komprehensif harus dilakukan, dimana setiap individu muslim dipahamkan untuk kembali terikat pada hukum-hukum Islam dalam interaksi sosial (nizhom ijtima’i/aturan sosial).

Di sisi lain, seks bebas muncul karena maraknya rangsangan-rangsangan syahwat. Untuk itu, segala rangsangan menuju seks bebas harus dihapuskan. Negara wajib melarang pornografi-pornoaksi, tempat prostitusi, tempat hiburan malam dan lokasi maksiat lainnya. Industri hiburan yang menjajakan pornografi dan pornoaksi harus ditutup. Semua harus dikenakan sanksi. Pelaku pornografi dan pornoaksi harus dihukum berat, termasuk perilaku menyimpang seperti homoseksual.
Demikianlah, pencegahan seks bebas ini bisa efektif jika masyarakat dididik dan dipahamkan kembali untuk berpegang teguh pada ajaran agama. Masyarakat yang paham bahwa hubungan seks adalah sakral dan hanya bisa dilakukan dengan pasangan sah melalui pernikahan akan membentuk kehidupan sosial yang sehat.

Alhamdulillahirabbil 'alamin

Yak, sobat muslim demikianlah tulisan ini saya buat, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sobat muslim semua. Afwan jika ada kata-kata yang salah namanya juga manusia ya... sobat muslim? Terakhir yuk... kita teriakkin "Say No to Free Sex" . (Mia Rahmawati/11094954/11.5B.24)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda posting komentar