Kamis, 29 Desember 2011

RIBA DALAM ISLAM


NAMA                   : MOH.KHOLILULLAH
KELAS                    : ( 12.2C.24 ).
NIM                       : 12111301.
TUGAS  AGAMA  TENTANG  RIBA DALAM ISLAM

 Apa itu RIBA
* RIBA Menurut Bahasa adalah  Lebihan atau Tambahan
* Istilah syara’nya adalah  sesuatu perniagaan terlibat dengan Riba apabila berlaku hal-hal  sebagai
   Berikut:
1.       Akad terhadap jual beli yang  tidak di ketahui persamaannya  pada  timbangan/ sukatan. Berlaku lebihan secara tidak adil.
2.       Dari segi Hutang
Bayaran lebih dari pada uang yang dipinjamkan. Mengikut perjanjian yang telah di syaratkan terlebih dahulu tidak ada unsur gharar.
  
   DAN  HUKUM RIBA  ITU SENDIRI adalah HARAM.
Di Dalam Surah( Al-Baqarah Ayat: 278-279) yang artinya:
“ Wahai orang –orang yang beriman ! Bertakwalah  kepada Allah dan tinggalkanlah sisa Riba jika kamu Orang yang beriman.  Jika kamu tidak melaksanakannya, maka umumkanlah perang dari Allah dan RasulNya. Tetapi jika kamu bertaubat, maka kamu berhak atas pokok hartamu. Kamu tidak berbuat zalim(merugikan) dan tidak dizalimi(dirugikan).
kemudian Di Dalam keluarga juga Dilarang berbuat Riba, terkecualli kalau uang itu untuk USAHA  itu islam menganjurkan  untuk berbagi hasil atau di bilang  se Ikhlasnya untuk mengembalikan uang  yang dia Pinjam.
 surah( An-Nahl ayat:90) Yang  Artinya:
Konsep keadilan dan Ta’awun ( Tolong –menolong ) dalam Islam “ Sesungguhnya  Allah menyuruh kamu  berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan....”.
Kemudian di Dalam Surah( Al-Maidah Ayat:18) Yang artinya:
“Berlaku Adillah. Karena Adil itu lebih dekat dengan Taqwa. Dan bertawakallah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha teliti  apa yang kamu kerjakan.
 kalau di bahas  mungkin akan lebih panjang  lebar mengenai RIBA  Di karnakan tugas  cukup satu halaman.  Dan Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda posting komentar